Siapa Dia?

Hanya seorang anak manusia yang sedang berproses untuk menyelesaikan studi S1 nya di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jenderal Soedirman

Kamis, 19 Juni 2014

Take Action Now

Tentunya kita sebagai anak kos selalu punya yang namanya masalah klasik, yaitu masalah finansial, bahasa mudahnya urusan duit..banyak yang menyiasatinya dengan berhemat, berhemat memang baik tapi berhemat bukan cara yang efektif jika dibandingkan dengan berwirausaha, karena untuk mengatasi masalah keuangan cara yang paling tepat adalah dengan menambah pemasukan kita, sebesar apapun pengeluaran kita kalo income kita lebih besar semuanya bukan lagi masalah, disini ane akan sedikit berbagi tips dan trik nya..cekidot guys

Tips menghemat pengeluaran

Peralatan Memasak
Ga perlu lengkap seperti dapurnya seorang ibu rumah tangga. Tapi yang namanya KOMPOR GAS, WAJAN, RICECOOKER, PIRING, GARPU, SENDOK, GELAS, kalian wajib punya!
Jadi buat yang baru jadi anak kos, silakan mulai sisihkan uang bulanan pertama kalian untuk beli benda-benda penting ini. Buat yang udah lama jadi anak kos tapi belum punya, wah kebangetan ente, BULAN DEPAN WAJIB BELI GAN!

Sembako (beras, mie instan, telor, kecap/saos, minyak goreng, dan Bumbu)
Ini semua sesajen wajib! anak kos wajib punya!
alasannya simpel aja. coba kita itung pengeluaran kita kalo tiap hari makannya di rumah makan padang. berapa uang yang harus agan keluarkan selama sebulan untuk mengisi perut? banyak sekali tentunya, maka dari itu belajarlah memasak, minimalnya telor pasti semua anak kos bisa. Kalo bosan sama telur, ganti sama sosis atau nuget. keliatannya agak mahal. coba aja itung pengeluarannya, dijamin ga terlalu membengkak. Buat yang suka sayur, bisa membelinya di tukang sayur keliling yang biasanya di kerumunin ibu-ibu kalo pagi-pagi, murah kok.

Celengan
jangan anggap remeh uang receh, biar kata receh, itu tetep uang dan bisa kita gunakan untuk belanja/jajan. teman-teman bisa beli celengan untuk mulai menampung uang-uang receh tersebut. kalo teman-teman mau yang murah dan kreatif, mending buat sendiri aja dari kaleng atau toples yang udah ga kepake, itu bisa sangat menghemat pengeluaran, coba hitung sendiri kalo tiap hari ada uang receh Rp 500 atau Rp 200 yang masuk celengan, kalo di total bisa jadi berapa selama 4 tahun kuliah? itung sendiri ya..wehehehe

Tips menambah pemasukan

Agan harus bekerja tapi sebisa mungkin jangan menjadi PEKERJA!
Waktu kuliah mahasiswa itu flexibel loh teman-teman, ga kaya anak sekolahan. jadwal organisasi juga flexibel (khusus buat yang berorganisasi), bagaimana kalo ada kuliah tambahan ketika kamu sedang bekerja? sudah bisa dipastikan kuliah ga jalan, kerjaan juga kacau. Jalan terbaik bagi mahasiswa untuk menambah pemasukan adalah dengan berwirausaha. gimana caranya? sekarang pemerintah juga udah mulai memperhatikan wirausaha buat mahasiswa loh, biasanya setiap tahun dari dikti ada program mahasiswa wirausaha (PMW) yang diperuntukan bagi semua mahasiswa yang ada di PTN loh.
A: "aduh baru tau nih.."
B: "yah kemana aja ente?" #tepok jidat tetangga
cara lainnya, buat yg punya hobi ngajar punya prospek bagus tuh. Kalian bisa jadi guru les, les biola, les matematika, les piano, les ngaji, les apa aja, asal jangan ngajarin ngles. Pokoknya jangan gabung ke badan usaha manapun. Dengan begini kita jadi bisa lebih idealis dalam mengatur waktu. Lebih hebat lagi kalau kita bisa jualan produk sendiri..hmmm it's so cool

Biasakan berkreasi Sendiri
membeli barang apa saja boleh aja kalo memang kondisi keuangan kita memadai, tapi dari pada kita beli terus, coba deh bikin sendiri dulu, yang fungsinya sama. meskipun tampilannya ga secantik yg dijual. Mbah google bisa selalu diandalkan kok, contohnya: kamar panas? Pengen AC? ketik aja di google "cara membuat AC sederhana"
atau pengen makanan enak.. coba deh cari dulu resepnya di google.
barangkali aja bisa jadi produk sendiri. Iya gak?

Berawal dari Kamar Kos
Kamar kos jangan di tidurin aja dong.
Banyak pengusaha internasional yang suksek karena mulai merintis usaha dari kamarnya (bahkan gudang dan garasi) contohnya google. awalnya pendiri google bikin search engine cuma dari dalam kamar. Liat sekarang jadi sekaya apa dia?
Coba bereksperimen di kamar sendiri. Siapa tau rejeki kalian juga bermula dari situ.

Duit cekak? LAPTOPmu ASET PALING BERHARGA
Duit udah menipis. Stok makanan udah menipis.
buka laptop kalian, lalu konekin internet kalo ga ada koneksi internet Ambil laptop kalian. Masukin Tas.
bawa ketempat yang ada free wifi (jadi wifi hunter dulu gan). Kemudian buka  forum bisnis kemudian cari-cari deh disitu penawaran kerjasa/distribusi
pilih deh barang yang menurut kalian berpotensi untuk dijual. Tapi ga ada yg lebih baik selain jualan produk sendiri. Ingat!! Jangan pernah jual aset berharga dalam kondisi apapun. (laptop, HP, modem) kecuali anda bisa menggantinya dalam waktu yg sangat dekat. Kalau aset utama udah kejual, perjalanan agan bisa-bisa GAME OVER.
sebenernya ga boleh nunggu mepet sampe duit cekak, tapi yah itu lah manusia, terkadang harus kepepet dulu baru bisa ngeluarin "kemampuan terpendamnya"

Belajarlah desain grafis (corelDRAW, photoshop atau aplikasi olah gambar yg lain yang temen-temen suka)
banyak banget loh manfaatnya, ASLI!
kalo ente dah bisa nguasain aplikasi tersebut, ente bakal jadi orang yang berguna, minimalnya ente bisa ngajarin orang lain, bisa buat desain publikasi acara, bikin sticker, buka tempat les desain grafis, bisa bikin kaos atau jaket, bahkan ga menutup kemungkinan agan bisa buka percetakan.

jangan hanya CATET MIMPI tapi tulislah target kalian, tentunya dengan perencanaan yang matang, eksekusi dengan action.
Temen-temen pasti pernah ikut masa orientasi mahasiswa atau acara pelatihan softskill kan?
disitu diceritakan tentang orang-orang yang mencatat mimpi mereka. sampe ratusan mimpi yang mereka tulis di kertas dan satu persatu mimpi itu terwujud.
kalo agan pernah praktekin dan BERHASIL, SELAMAT!
Anda adalah orang yang sangat beruntung.
sebenernya bukan mimpi yang harusnya kita catet
Tapi TARGET yang harus kita tuliskan dan kerjakan
Kalau agan cuma bergantung sama mimpi, dan berharap dikabulkan, atau cuma sekedar nulis mimpi tapi ga tau apa yang harus dilakukan, ya nasibnya ga bakalan berubah.

Jangan Ngerepotin/terlalu ngerepotin Temen Atau Siapapun dikala susah
Ini penting banget nih gan. Banyak orang yang lagi dalam posisi sulit dijauhi karena ini. Kadang kala orang kalo susah udah ga terlalu mempedulikan sikon. yang penting keinginan dan masalah selesai cara apa aja dianggap boleh, salasatunya minjem duit. Saya ga pernah ngelarang agan mau pinjem uang sama siapapun.
Tapi jangan terlalu membebankan. Caranya gimana?
Begini.. Katakan lah ente butuh uang 100ribu. Jangan langsung pinjem 100rb ke 1 orang. itu cukup membebani loh gan. ente datengin juga temen yang lain entah 5 atau 10 orang.
pinjem aja 10rb atau 20rb, mereka juga ga bakalan tega sama temen, mereka pasti ngasih pinjem.
ya syukur kalo ada yang iklas ngasih, tapi jangan di harepin lo gan. dan ingat!! namanya hutang tetap harus diganti meskipun nilainya kecil. nah dengan cara itu temen bakal lebih senang hati minjeminnya
karena ga ngeberatin mereka juga

deketin siapa aja yang berpotensi.
Kalo kita sebagai mahasiswa bisa deketin dosen yang banyak proyek. Karena kemungkinan buat diajak dosen ikut proyek semakin besar apalagi kalo agan pinter di bidang yang diproyekin dosen.
tapi jangan jadi penjilat ya gan, kalo ente jadi penjilat bukan diajak, tapi malah dijauhin. Temen, senior, ade kelas bahkan seorang cleaning service pun kalo berpotensi kenapa engga, selain kita bisa dapet proyek kita bakal punya banyak relasi, sekaligus bersilaturahmi, karena salasatu dari manfaat silaturahmi adalah bisa mendatangkan rezeki.

jaga kesehatan.
sehat itu mahal lho dan kesehatan adalah salasatu aset kalian yang berharga, bayangkan jika kesehatan kalian terganggu, kalian punya plan bagus pun jadi susah buat merealisasikannya. caranya simple aja gan, pola hidup sehat harus agan terapkan, yang kadang sering sekali diabaikan oleh kebanyakan orang. dan kebanyakan orang akan menyesal ketika kesehatan udah berganti dengan penyakit. selalu inget aja 5 perkara sebelum 5 perkara, salasatunya sehat sebelum sakit
jangan lupa makan sayur dan buah2an. jangan lupa olahraga atau minimal gerakin badan jalan kaki ke kampus. buat yang punya sepeda biasain deh bersepeda ke kampus, sehat plus menghemat pengeluaran. jauhi rokok dan jangan sering2 begadang apalagi klo ga perlu. begadang-jangan begadang kalo tiada artinya seperti yang sering di ucapkan bang haji Rhoma dalam salasatu lagunya (lagu paporit ane tuh)
batasi minuman bersoda/berkarbonasi dan jangan lupa minum air bening 8 gelas sehari, ingat!! air bening tidak sama dengan air putih, kalo air putih ya susu, susu juga penting gan. kalo agan punya duit lebih tuh..hehehe

Doa
hal yang simpel, dan ane yakin semua orang bisa melakukannya, tapi justru yang simple ini yang sering dilupain. berdoa ga harus pake bahasa arab, pake bahasa indonesia yang baik dan benar juga cukup gan, tapi kalo kita bisa pake bahasa arab why not? kenapa kita berdoa? karena kita punya tuhan, dan memang tuhan lah yang mengatur segalanya, ketika semua usaha kita sudah maksimal maka hal terakhir yang harus dilakukan ya berdoa, sebagai tanda kita berserah diri kepada tuhan kita (tuhan ane Alloh S.W.T. gan hehehe)

semoga apa yang saya tulis bermanfaat, jangan tunggu besok untuk memulai kalo bisa sekarang, TAKE ACTION NOW!!

kalo mau liat usaha ane silakan mampir kesini gan, smoga ada yang tertarik, terus beli deeh.

1 Komentar:

yanu mengatakan...

jos juga gan :)

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | GreenGeeks Review